Penderita Bulimia

Posted by Saeful Bahri Rabu, 24 Juli 2013 0 komentar
Bulimia
Penderita Bulimia
Kata bulimia adalah salah satu istilah kesehatan yang digunakan untuk menggambarkan keadaan seseorang yang memiliki kelainan pada pola makan. kelaianan pola makan disini yaitu keadaan dimana seseorang selalu berusaha untuk memuntahkan kembali apa saja yang telah ia makan dengan alasan tertentu dan hal ini sudah menjadi kebiasaan. Bulumia jenis penyakit kelainan mental yang banyak diderita oleh kaum hawa. Tuntutan penampilan yang ingin selalu pampil menarik dan sempurna inilah yang membuat banyak kaum hawa tersebut mengalami gangguan penyakit ini.

Gejala Utama Bulimia adalah Muntah dengan Sengaja 
Pada kejadian kasusnya, seorang yang menderita bulimia akan segera menuju kamar mandi setelah ia memakan apa saja yang belum lama ia makan untuk memuntahkannya. Tujuan utamanya memuntahkan makanan yang telah di makan tadi untuk mencegah terjadinya penimbunan makanan berserta seluruh nutrisinya di dalam tubuh orang tersebut yang diyakini dapat menyebabkan kegemukan. maka dari pada itu, untuk mencegah dan meminimalisir tertimbunnya makanan tersebut dalam tubuh, orang yang menderita bulumia sebisa mungkin mengeluarkan kembali makanan mereka dengan cara memuntahkannya. intinya penyakit bulimia adalah termasuk sebagai penyakit psikologis karena gejala dan faktor penyebabnya juga berasal dari keadaan psikis seseorang

Kenapa Bulimia bisa menyerang Kita?
karena bulimia adalah hal-hal yang berkaitan dengan keadaan psikis Penderitanya. Biasanya , orang yang menderita penyakit psikis ini memiliki latar belakang masalah yang menuntutnya untuk selalu berpenampilan sempurna. Bulimia sering menyerang para artis, model, dan lain-lain yang di tuntut untuk memiliki berat badan yang jauh di bawah rata-rata berat badan ideal seorang wanita. Untuk mendapatkan berat badan yang di bawah rata-rata, maka si penderita akan melakukan diet yang cukup ekxtrim, memuntahkan makanan dengan sengaja, sampai-sampai mengkonsumsi obat secara berlebihan. Penyebab lain dari penyakit bulimia adalah adanya masalah keluarga yang menyebabkan adanya ketimpangan tentang jati diri si penderita.

Gejala Bulimia
  • Selalu pergi ke kamar mandi untuk memuntahkan makanan.
  • Melakukan olahraga dengan ritme yang berlebihan
  • pembengkakan pada pipi atau rahang si penderita
  • pecahnya pembuluh darah pada mata karena terlalu sering digunakan untuk memuntahkan makanan.
Sebagai akibat dari penyakit bulimia ini, penderita akan mengalami:
  • kerusakan pada beberapa organ penting dalam tubuhnya seperti pembengkakan jaringan ludah
  • Pengikisan email gigi yang terlalu sering terkena asam akibat muntah
  • Gigi yang menjadi sangat sensitive
  • Asam lambung yang berlebihan
  • Pencernaan yang tidak lancar
  • Penurunan kadar kalium dalam darah
Mengingat begitu parahnya resiko yang harus ditanggung seorang penderita bulimia, maka hal ini perlu kita sudahi dengan melakukan pengobatan. beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mengobati bulimia antara lain dengan pengobatan medis khususnya dengan obat-obatan anti depresi dengan resep dan pengawasan dokter ahli, tentunya, metode lain melakukan pengobatan dengan terapi mental yang dilakukan secara teratur agar keadaan psikologis penderita dapat membaik. Dari kesemuanya itu, yang paling berpengaruh dalam proses penyembuhan bulimia adalah niat dari penderita itu sendiri.

Demikian artikel mengenai Penyakit Bulimia,  agar sekiranya hal-hal yang merugikan kesehatan kita untuk segera ditinggalkan, apapun itu, seperti pola makan yang tidak baik, meminum-minuman beralkohol, merokok apalagi jika memuntahkan makanan yang baru saja dimakan.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Penderita Bulimia
Ditulis oleh Saeful Bahri
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tokoobatsb.blogspot.com/2013/07/penderita-bulimia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar